PPLPD (Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah) Kota Manado adalah wadah atau tempat yang terpusat dimana putra-putri pelajar daerah Kota Manado yang mempunyai bakat, skill, potensi dan kemauan untuk mengasah dan meningkatkan prestasi olahraga menjadi lebih baik dan maju dengan adanya pembinaan dari pelatih yang berkompeten. PPLPD Kota Manado dibentuk pada Tahun 2015 dengan 2 cabang olahraga yaitu atletik dan Pencak Silat dengan jumlah atlet 20 orang, pelatih 4 orang masing-masing cabang olahraga 2 orang. Tahun 2017 ketambahan 1 cabang olahraga sepak bola dengan jumlah atlet 17 orang dan 3 orang pelatih, untuk tahun anggaran 2018 tetap 3 cabang olahraga, dan khusus sepak bola pembinaan difokuskan pada atlet usia 12 dan 13 tahun dengan jumlah atlet yang direkrut 30 orang pelatih 4 orang, sehingga total atlet dan pelatih di tahun 2018 berjumlah 48 atlet dan 9 pelatih. Atlet PPLPD adalah atlet yang berpotensi dan berbakat pada cabang atletik, pencak silat dan sepak bola diambil dari yang telah mengikuti kompetisi liga pelajar, kejuaraan junior dan yang mengikuti tes pengukuran.

Dalam perkembangan dunia olahraga saat ini, prestasi seorang atlet ditentukan oleh pembinaan yang dia dapat dari usia dini, oleh karenanya Pemerintah Kota Manado bertekad terus meningkatkan prestasi olahraga di Kota Manado dengan arah kebijakan pembangunan fondasi olahraga. Tahun 2019 PPLPD menambah jumlah cabor dan atlet, dari 3 cabang olahraga menjadi 6 cabang olahraga , yaitu cabang olahraga atletik, pencak silat, sepak bola, anggar, karate dan tinju. Jumlah atlet bertambah dari 48 menjadi 51 atlet. Ketambahan cabang olahraga yang dibina merupakan suatu komitmen Pemerintah Kota Manado lewat Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado untuk terus merekrut atlet-atlet muda potensial.

PPLPD ini bertujuan untuk membina, mendidik dan mengembangkan prestasi olahraga yang dipersiapkan untuk kejuaran olahraga baik di tingkat daerah, nasional bahkan internasional. Dengan adanya pola pembinaan yang baik dan benar akan dapat membuka prestasi olahraga atlet muda Kota Manado pada suatu kejuaraan serta dapat menuai hasil yang bagus dan maksimal pada suatu pertandingan.

DASAR PELAKSANAAN

PPLPD Kota Manado, dilaksanakan atas dasar dasar sebagai berikut :

  1. Mendukung Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Manado, yaitu :    Meningkatkan Daya Saing di Bidang Olahraga;           
  2. RENSTRA Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado Tahun 2016-2021;
  3. Rencana Kerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado Tahun 2019;
  4. Surat Keputusan Walikota Manado Nomor :    /KEP/D.15/PORA/2019 tentang Susunan Pengurus Pusat Pembinaan Dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah Kota Manado Tahun 2019.
  5. Surat Keputusan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, Nomor :    /KEP/D.15/PORA/II/2019, tentang Penetapan Nama-Nama Dan Honorarium Atlet Pelajar Dan Pelatih Pada Pusat Pembinaan Dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kota Manado Tahun 2019.
  6. Program dan Kegiatan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado yang tertata pada DPA Tahun Anggaran 2019.

 RUANG LINGKUP KEGIATAN

  1. Kegiatan pada Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kota Manado, adalah kegiatan dalam bentuk:
  2. Berlatih dan melatih dengan konsep peningkatan  kondisi fisik, peningkatan teknik, serta pematangan mental atlit, yang dituangkan dalam suatu program latihan.
  3. Mengikuti atau berpartisipasi pada kompetisi olahraga baik dalam daerah, regional dan Nasional serta Internasional

TUJUAN KEGIATAN

PPLPD ini bertujuan untuk membina, mendidik dan mengembangkan prestasi olahraga yang dipersiapkan untuk kejuaran olahraga baik di tingkat daerah, nasional bahkan internasional. Dengan adanya pola pembinaan yang baik dan benar akan dapat membuka prestasi olahraga cabang olahraga atletik, pencak silat, sepak bola, anggar, karate dan tinju Kota Manado pada suatu kejuaraan, serta dapat menuai hasil yang bagus dan maksimal pada suatu pertandingan.

SASARAN

Sasaran PPLPD, adalah :

  1.   Atlet muda yang memiliki bakat dan potensi serta atlet-atlet muda yang telah mengikuti kejuaraan  di level daerah antara lain Liga Pelajar. 
  2.   Memaksimalkan prestasi olahraga cabang olahraga atletik, pencak silat, sepak bola, anggar, karate dan tinju Kota Manado khususnya dan Provinsi Sulawesi Utara pada umumnya.

Prinsip penyelenggaraan PPLPD Kota Manado :

1.   Demokratis, tidak diskriminatif

2.   Sportifitas dan menjunjung tinggi nilai dan estetika.

3.   Pembudayaan dan keterbukaan.

4.   Pemberdayaan peran serta masyarakat.

5.   Keselamatan dan keamanan.

6.   Keutuhan jasmani, rohani dan sosial.

7.   Peningkatan prestasi olahraga dan akademik.

8.   Tanggung jawab.

9.   Jujur

Pendanaan atau sumber dana.

Pelaksanaan PPLPD Kota Manado ini dibebankan pada APBD Kota Manado melalui DPA Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado.

Tempat pelaksanaan/Latihan.

PPLPD Kota Manado bertempat di Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, dan tempat berlatih atlet di Stadion Klabat, Lapangan Tikala, Lapangan KONI dan Gedung Youth Center.

PRESTASI YANG DICAPAI : ..................