Olahraga merupakan suatu aktifitas yang melibatkan gerak, fisik, aturan-aturan tertentu dan prinsip-prinsip menuju tujuan yang diharapkan. Beberapa factor yang mempengaruhi  dalam olahraga prestasi diantaranya adalah program latihan yang menunjang dan potensi atau bakat yang dimiliki oleh atlet/pelajar itu sendiri.

Sampai saat ini dalam pencapaian prestasi khususnya dalam bidang olahraga masing banyak cabang olahraga yang dalam pembinaannya belum mencapai hasil maksimal/optimal dan selalu mendapatkan hambatan-hambatan, salah satu hambatan adalah sulitnya menemukan atlet-atlet yang berbakat, walaupun bakat tidak berpengaruh secara mutlak namun bakat mempunyai peranan yang besar dalam meraih prestasi. Salah satu upaya untuk mendapatkan atlet-atlet yang berbakat, diantaranya adalah melakukan pemanduan bakat sejak usia dini.

Usia Sekolah Menengah Pertama atau usia antara 12 – 15 tahun merupakan masa-masa yang sangat menentukan didalam kemungkinan pencapaian prestasi dikemudian hari. Pada usia ini para pelatih, pendidik dan orang tua sangat berkompetensi dan berpengaruuh terhadap perkembangan dan kematangan atlet/pelajar tersebut.

Untuk itu Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan “Identifikasi Bakat dan Potensi Pelajar dalam Olahraga Tahun 2019”. Yang diprogramkan untuk mendata para Pelajar khususnya pelajar SMP dan sebagian kelas X khususnya di Kota Manado. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Februari 2019 bertempat di Stadion Klabat diikuti sekitar 468 siswa dari berbagai Sekolah Menengah Pertama di Kota Manado. Maksud dan Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Identifikasi Bakat dan Potensi Pelajar dalam Olahraga Tahun 2019 sesuai penjelasan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado adalah Sebagai ajang pencarian bibit olahraga yang diproyeksikan mampu menjadi bibit unggulan dalam bidang olahraga dan Meningkatkan kualitas SDM melalui pencarian bibit dan daya saing yang sehat dalam berolahraga. Kedepan tentunya akan lebih dioptimalkan tes pengukuran dengan mengundang lebih banyak siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama di Kota Manado, karena ini merupakan komitmen Bapak Walikota dan Wakil Walikota Manado untuk menjadikan Manado sebagai Kota segudang Prestasi di Bidang Olahraga.